Perbedaan kajian pustaka dengan landasan teori ?

Diposting pada

Pertanyaan :


Perbedaan kajian pustaka dengan landasan teori ?

Jawaban :

Kajian pustaka merupakan kajian terhadap penelitian-penelitian yang telah dilakukan para penulis terdahulu. Kajian pustaka disebut juga dengan kerangka teoritis. Kajian pustaka mencakup kerangka pemikiran dan hipotesis. Kajian pustaka dimulai dengan mengidentifkasi dan mengkaji berbagai teori yang relevan serta diakhiri dengan pengajuan hipotesis.

Pembahasan

Landasan teori adalah teori-teori yang relevan dengan penelitian yang sedang dilakukan dan dijadikan dasar analisis untuk menjelaskan fakta-fakta tersebut.

Jadi, dari kedua definisi di atas, perbedaan kajian pustaka dengan landasan teori adalah kajian pustaka berasal dari penelitian-penelitian yang pernah dilakukan, sedangkan landaran teori berasal dari teori-teori yang relevan dengan penelitian yang dilakukan.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah kajian pustaka merupakan dasar argumentasi melakukan penelitian, sedangkan landasan teori merupakan dasar teori yang menguatkan dilakukannya penelitian.

Pada kajian pustaka, dilakukan telaah terhadap teori atau hasil-hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan masalah yang dirumuskan. Telaah itu bisa berupa perbandingan, pengontrasan, dan peletakan teori-teori itu pada masalah yang akan diteliti. Teori-teori itu merupakan dasar argumentasi bagi pengusul dalam meneliti persoalan-persoalannya sehingga diperoleh jawaban yang dapat diandalkan.

Pelajari lebih lanjut

Pengertian kajian pustaka pada brainly.co.id/tugas/17819840

Contoh kajian pustaka pada karya tulis dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/20852726

Pengertian landasan teori dan contohnya pada brainly.co.id/tugas/3075818

——————————–

Detail Jawaban

Kelas: XI

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Mempersiapkan Proposal (Bab 5)

Kode: 11.1.5

#JadiRankingSatu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.