e.dominasi spesies terttentu, jawabannya d ato apa?

Diposting pada

Pertanyaan :


Banyak dijumpainya fitoplankton dan zooplankton di daerah litoral dan neritik menyebabkan daerah tersebut memiliki


a. kadar garam yang rendah
b. keanekaragaman yang tinggi
c.plankton yg banyak pada siang hari
d. kejernihan air yg kurang
e.dominasi spesies terttentu, jawabannya d ato apa?

Jawaban :

Kelas           : X (1 SMA)
Pelajaran     : Biologi
Kategori      : Ekosistem Lautan 
Kata Kunci  : Litoral, Plankton, Fitoplankton, Zooplankton

Jawabannya adalah B. KEANEKARAGAMAN YANG TINGGI

Penjelasan:

Plankton yang terdiri atas fitoplankton dan zooplankton adalah makanan bagi kebanyakan mahkluk yang hidup di lautan. Oleh sebab itu, semakin banyak plankton yang ada pada zona litoral dan juga zona neritik akan menarik banyak makhluk hidup pemangsa plankton. Dengan demikian pada wilayah tersebut akan terdapat keanekaragaman yang tinggi.

Pada wilayah litoral sering dijumpai makhluk hidup berupa ganggang, udang, teripang, cacing laut, kepiting dan lain lain.

Sementara itu pada wilayah neritik, mulai dijumpai banyak sekali plankton (fitoplankton dan zooplankton), nekton (kelompok hewan yang berenang aktif di air), neuston (kelompok hewan yang mengapung atau pun berenang pada permukaan air), dan juga bentos (kelompok hewan dan tumbuhan laut yang hidup di endapan).

Daerah yang mempunyai banyak plankton adalah daerah yang potensi ikan dan makhluk lautan lainnya cukup banyak karena plankton adalah sumber kehidupan bagi mereka. Oleh sebab itu jawaban B.

Tambahan

JAWABAN BUKAN A karena tingkat salinitas air laut tidak disebabkan oleh organisme lautan melainkan oleh tingkat penguapan, curah hujan, air sungai, letak dan juga ukuran laut, arus laut, dan juga angin.

JAWABAN BUKAN C karena pertanyaan menghendaki hubungan sebab akibat. Sementara pada poin C adalah fakta yang merupakan bagian dari ‘sebab’ dimana terdapat banyak plankton. Seperti kita ketahui, fitoplankton adalah organisme yang memproduksi makanan mereka sendiri dengan jalan fotosintesis oleh sebab itu keberadaan mereka banyak dijumpai pada siang hari. 

JAWABAN BUKAN D karena justru plankton menyenangi wilayah lautan yang akses sinar matahari baik dan juga tingkat kekeruhan rendah. Jika sebuah wilayah keruh dan gelap, dipastikan plankton tidak banyak berada di titik tersebut karena air keruh akan menghalangi sinar matahari maka akan menghambat laju pertumbuhan plankton, menurut heyman dan lundgren.

Wilayah laut yang terdapat banyak plankton biasanya akan mengubah warna laut menjadi lebih biru, misalnya keberadaan fitoplankton di Bosporus yang terletak di kawasan laut hitam yang mengubah warna jadi kebiruan. Meski mengubah tampilan warna air laut namun bukan berarti air lantas menjadi keruh atau tidak jernih. Karena warna air laut dan tingkat kejernihan adalah dua hal yang berbeda.

JAWABAN BUKAN E karena dominasi spesies tertentu adalah kondisional dan pada dasarnya tercakup juga di dalam jawaban pada poin B. Kalaupun terjadi, bukan akibat langsung dari keberadaan plankton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.